Tips Membuat Pondasi Rumah Yang Kuat

Tips Membuat Pondasi Rumah Yang Kuat

Apa yang anda pikirkan ketika melihat menara bangunan petronas dan gedung-gedung tinggi di seluruh dunia atau anda tidak perlu jauh-jauh keluar negeri, anda bisa memperhatikan monas dengan gagahnya menguasai pandangan seluruh kota Jakarta.

Tentu faktor utama dari sebuah bangunan super hebat juga memiliki pondasi yang kuat sehingga terwujudlah bangunan yang dibanggakan oleh warga sekitar bahkan menjadi salah satu icon suatu kota dan Negara.
Dari semua bangunan yang berdiri tidak terlepas dari pondasi yang berada pada bagian yang paling dalam sebuah bangunan, semakin kuat dan banyaknya biaya yang di keluarkan untuk sebuah pondasi rumah maka semakin kuat bangunan tersebut.

Untuk membuat pondasi yang kuat anda harus menggali tanah lebih dari 50 cm, kenapa ? karena tanah setebal +50 cm adalah lapisan tanah humus, artinya tanah yang sangat labil yang tidak mempunyai kekuatan daya dukung terhadap pondasi rumah anda. sebaiknya galilah tanah lebih dalam dari pada 50 cm sampai mengenai permukaan tanah yang keras yang akan membantu memperkuat pondasi rumah. Untuk lebar tanah yang di butuhkan sebuah pondasi sebaiknya secukupnya saja, yang penting bisa untuk meletakan pondasi, sebab kalau tanah terlalu lebar di gali maka akan berubah sifat dan kekuatan kountur tanah pondasi tersebut.
Untuk membuat suatu pondasi harus benar-benar terukur dengan tepat, agar mempunyai kekuatan daya dukung maksimal. Gambarannya seperti anda menancapkan ujung pensil pada stip atau telapak tangan, maka akan mudah masuk kedalam stip atau daging ( karena yang anda paksa untuk masuk adalah ujung tajam dari pensil tersebut ). Sebaliknya bila yang ada tekan adalah ujung pensil bagian tumpulnya, maka tidak akan masuk kedalam stip atau daging. Itu adalah gambaran bagaimana kontsruksi pondasi yang tepat sesuai dengan perencanaan yang matang maka seperti halnya bagian tumpul pensil benar-benar menopang tekanan dari atas. Kalau pondasi rumah seperti halnya ujung pensil maka ketika mendapat tekanan beban dari atas mulai dari tiang penyangga, bata-bata, tembok hingga atap pondasi tersebut tidak memberikan fungsi yang di butuhkan.

Bagaimana cara membuat pondasi rumah yang kuat ?


Para pakar pondasi rumah memberikan tips ini secara gratis untuk anda yaitu :
a.       Dasar pondasi sebuah bangunan harus mempunyai kelebaran yang sesuai dengan perhitungan matang yang di letakan pada bagian tanah yang keras.
b.      Jangan meletakan pondasi pada bagian tanah yang lembek, seperti lumpur dan lain-lain.
c.       Pondasi harus di bangun di bawah seluruh bagian dinding ( tidak hanya di taruh di bawah tiang penyangga seperti pondasi umpak ).
d.      Pondasi yang di buat harus benar-benar dari bahan-bahan yang kuat dan mempunyai daya tahan dari gaya desak.
e.      Apabila tanah galian sepanjang pondasi tidak sama kerasnya, maka pondasi rumah harus di letakan pada posisi dasar yang sama ( tidak ada dari sebagian pondasi lebih dari dari yang lain ).

Pondasi harus terikat satu sama lain, sehingga mempunyai kekuatan yang sama, seperti istilah ringan sama di jinjing berat sama di pikul.

0 Response to "Tips Membuat Pondasi Rumah Yang Kuat"

Posting Komentar